Master Bercerita

Angsa Emas

25 Oktober 2013
Demi mendapatkan uang lebih banyak agar dapat menempuh hidup yang lebih baik, seorang ibu dan tiga anak perempuannya memutuskan untuk mencabuti seluruh bulu angsa emas...

Orang Tua yang Baik Hati

25 Oktober 2013
Alkisah terdapat orang tua kaya raya yang baik hati. Daripada menikmati kekayaannya seorang diri, ia lebih suka membantu orang lain agar hidup lebih nyaman. Ia mengabdikan dirinya membantu orang yang menderita dan sedang kesusahan.

Induk Ayam yang Bijaksana

25 Oktober 2013
Suatu ketika, ada sekelompok peneliti binatang di daerah Eropa. Salah seorang peneliti itu bertugas untuk meneliti unggas. Peneliti ini dengan sepenuh hati mengamati kehidupan berbagai jenis ayam.

Bhiksu Tua dan Bhiksu Muda

25 Oktober 2013
Seorang bhiksu tua dan bhiksu muda sedang berpergian dengan berjalan kaki. Mereka berjalan bersama melewati hutan-hutan, pegunungan-pegunungan, dan lembah-lembah. Ke mana pun mereka pergi, bhiksu tua selalu berjalan mendahului, sementara bhiksu muda, memanggul barang mereka, membuntuti di belakang. Sepanjang perjalanan, mereka berdua merawat dan menjaga satu sama lain.

Menyimpan Susu dalam Perut Sapi

25 Oktober 2013
Ada seorang peternak sapi. Sapi yang dirawatnya dapat menghasilkan banyak susu. Menurut peternak itu, cara dia merawat sapi jauh lebih baik daripada orang lain. Karena itulah dia merasa sangat bangga. Setiap bertemu orang lain, dia selalu berkata, "Sapi betina yang kupelihara, dapat menghasilkan susu yang sangat banyak."

Buah Persik dan Air Sumur yang Bau

25 Oktober 2013
Ada seorang nenek tua yang membawa madu dan buah saat bepergian. Setelah menempuh perjalanan jauh, dia merasa sangat haus, dan kemudian memakan sebuah buah persik untuk meredakan rasa hausnya.

Sang Pertapa dan Sang Raja

25 Oktober 2013
Dahulu kala ada seorang putra mahkota. Ia sangat akrab dengan adiknya. Setelah ayah mereka meninggal, masing-masing dari mereka menginginkan untuk menyerahkan kekuasaan kepada satu sama lain. Sang adik merasa kedewasaan kakaknya membuatnya pantas menjadi raja yang berkuasa, tetapi kakaknya ingin menyerahkan kekuasaannya sehingga ia dapat menjadi praktisi rohani.

Satu Panah, Tiga Nyawa

25 Oktober 2013
Shan adalah seorang pemuda yang baik hati. Orang tuanya buta dan sudah tua. Agar kehidupan kedua orang tuanya lebih baik dan untuk menemukan tempat yang cocok untuk mengembangkan kehidupan spiritualnya, Shan membangun sebuah pondok beratap jerami di gunung dan mengajak mereka tinggal di sana. Ketiganya hidup dengan tenang dan bahagia.

Menyelamatkan Burung-Burung Dengan Kebijaksanaan

27 September 2013
Suatu ketika, seekor raja burung memimpin rombongannya yang terdiri dari lima ratus ekor burung untuk mencari makanan di luar istana. Mereka tanpa sengaja terbang melewati batas dan memasuki kebun milik seorang kaisar. Mendengar bahwa lima ratus ekor burung sedang berkeliaran di kebunnya, Sang Kaisar berpikir hal ini pasti akan menjadi pemandangan yang menakjubkan

Raja Kera

27 September 2013
Pada suatu ketika, sekelompok kera tinggal jauh di dalam hutan di sebuah daerah pegunungan. Hutan itu menyediakan semua kebutuhan mereka; pohon-pohon yang menghasilkan berbagai jenis buah, hasil panen yang melimpah ruah, dan aliran sungai yang menyuburkan pegunungan. Musim yang berganti dengan teratur membuat tempat tinggal mereka terjaga dengan baik. Di bawah kepemimpinan Sang Raja Kera, para kera hidup bersama dengan damai dan harmonis.
Semua manusia berkeinginan untuk "memiliki", padahal "memiliki" adalah sumber dari kerisauan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -