Master Bercerita

Memohon Panjang Umur

29 Desember 2017
Suatu hari, seorang peramal melihat anak ini. Peramal itu berkata, "Anak Anda ini sangat penuh berkah, tetapi sayangnya pendek umur." Sejak saat itu, tetua sangat khawatir setiap hari. Dia membawa anaknya ke berbagai tempat untuk meminta pertolongan.

Sebelas Kehidupan Menjadi Sapi

22 Desember 2017
Kehidupan yang sederhana dan tahu berpuas diri merupakan kenikmatan terbesar. Jika enggan hidup sederhana, maka kehidupan kita akan sangat rumit.

Dana 5 Sen

15 Desember 2017
Melihat sang raja berdana, seorang candala berkata, "Baik sekali, baik sekali," untuk mengungkapkan pujiannya. Mendengarnya, raja yang tadinya bersukacita menjadi sangat marah. Beliau lalu menahan candala itu.

Anak Laki-laki Penjual Kue

08 Desember 2017
Ada seorang anak yatim piatu yang menderita kurap di kulit kepala. Dia mencari nafkah dengan cara berjualan kue. Melihat warga desa tidak menghormati bhiksu tua dan enggan berdana, dia sangat sedih.

Master Bercerita: Memimpikan Enam Alam Kehidupan

30 November 2017
Seorang nyonya di sebuah keluarga berada sangat gemar memakan daging hewan, terutama hewan yang dimasak hidup-hidup. Suaminya sudah bervegetaris sejak muda. Suaminya adalah umat yang sangat menghormati Tiga Permata dan gemar berdana.

Kakek Li yang Berbakti

24 November 2017
Setiap hari saat menyapu, dia sering menemukan uang koin di lantai. Dia selalu mengembalikannya kepada majikan. Karena itu, sang majikan perlahan-lahan memberikan pekerjaan untuknya dan memercayakan banyak hal kepadanya.

Delapan Jejak Kaki di Ladang

17 November 2017
Ada seorang pria yang memiliki  sebidang lahan yang sangat besar. Akan tetapi, pria ini sangat malas. Dia membiarkan lahannya terlantar begitu saja. Dia selalu berpikir mengapa lahan orang lain ditumbuhi tanaman yang begitu cantik.

Cacing di Lubang Kotoran

10 November 2017
Di pinggiran kota itu ada sebuah lubang besar. Orang-orang di kota selalu membuang sampah dan kotoran ke dalam lubang itu. Saat melewati lubang itu, orang-orang menutup hidung dan mengeluh tempat itu beraroma tidak sedap. 

Emas dan Bandit

03 November 2017
Ada dua orang pria yang berteman baik. Mereka bersama-sama berjalan melintasi sebuah gurun pasir. Dari kejauhan, mereka melihat sekelompok bandit. Salah satu di antaranya sangat cekatan. Sementara itu, seorang yang lainnya lebih lamban. 

Tungku Api dan Alam Surga

27 Oktober 2017
Ada seorang tetua yang sangat berada. Dia adalah orang yang sangat lurus. Karena itu, raja mengangkatnya menjadi kepala suku. Di dalam suku itu, terdapat banyak brahmana yang sering datang mencarinya untuk berbagi ajaran dengannya.
Jangan takut terlambat, yang seharusnya ditakuti adalah hanya diam di tempat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -