Master Bercerita

Master Bercerita: Lima Indra Tidak Sempurna

02 Februari 2018
Ada sepasang kakak adik. Si adik adalah seorang pedagang sukses, sedangkan si kakak adalah seorang notaris yang sangat dipercaya oleh kalangan pejabat dan rakyat.

Pelatihan Diri Surata

26 Januari 2018
Ada suatu masa di Negeri Sravasti, ajaran Buddha sangat berjaya. Baik raja, menteri, maupun orang berada, semuanya sangat tulus memberi persembahan dan mendengar Dharma. Di antaranya ada seorang pria miskin yang bernama Surata.

Batang Besi dan Sapi Betina

19 Januari 2018
Suatu hari, anak itu melihat sebuah stan peramal di pinggir jalan. Karena merasa tertarik, dia bertanya, "Ramalan Anda sangat tepat. Anda ramallah saya. Apakah saya memiliki nasib yang baik?"

Anak Perdana Menteri

12 Januari 2018
Dia lalu menyamar menjadi prajurit. Dia mengisi tanah ke dalam batangan bambu, lalu menancapkan bambu di dalamnya agar dia terlihat seolah-olah memiliki anak panah. Setelah itu, dia pun masuk ke dalam istana. Dia berhasil masuk ke dalam istana.

Kota Pasir Anak-anak

05 Januari 2018
Bapak tua itu menggeleng kepala sambil berpikir, "Anak sekecil itu sudah punya nafsu keinginan sebesar ini. Anak-anak, mari dengarkan saya. Siapa pemilik lahan ini?"

Memohon Panjang Umur

29 Desember 2017
Suatu hari, seorang peramal melihat anak ini. Peramal itu berkata, "Anak Anda ini sangat penuh berkah, tetapi sayangnya pendek umur." Sejak saat itu, tetua sangat khawatir setiap hari. Dia membawa anaknya ke berbagai tempat untuk meminta pertolongan.

Sebelas Kehidupan Menjadi Sapi

22 Desember 2017
Kehidupan yang sederhana dan tahu berpuas diri merupakan kenikmatan terbesar. Jika enggan hidup sederhana, maka kehidupan kita akan sangat rumit.

Dana 5 Sen

15 Desember 2017
Melihat sang raja berdana, seorang candala berkata, "Baik sekali, baik sekali," untuk mengungkapkan pujiannya. Mendengarnya, raja yang tadinya bersukacita menjadi sangat marah. Beliau lalu menahan candala itu.

Anak Laki-laki Penjual Kue

08 Desember 2017
Ada seorang anak yatim piatu yang menderita kurap di kulit kepala. Dia mencari nafkah dengan cara berjualan kue. Melihat warga desa tidak menghormati bhiksu tua dan enggan berdana, dia sangat sedih.

Master Bercerita: Memimpikan Enam Alam Kehidupan

30 November 2017
Seorang nyonya di sebuah keluarga berada sangat gemar memakan daging hewan, terutama hewan yang dimasak hidup-hidup. Suaminya sudah bervegetaris sejak muda. Suaminya adalah umat yang sangat menghormati Tiga Permata dan gemar berdana.
Walau berada di pihak yang benar, hendaknya tetap bersikap ramah dan bisa memaafkan orang lain.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -