Master Bercerita

Master Bercerita: Tujuh Hari Membalas Budi

17 Januari 2019
Suatu kali, Buddha memimpin murid-murid-Nya ke sebuah kota kecil untuk mengumpulkan makanan dan membabarkan Dharma. Ada seorang sesepuh yang hatinya dipenuhi sukacita saat melihat Buddha. Dia meminta izin kepada Buddha untuk memberi persembahan. Buddha tersenyum dan menyetujuinya.

Master Bercerita: Retret Masa Varsa

11 Januari 2019
Di India, cuaca perlahan-lahan memanas. Banyak nyamuk, serangga, ular, kelabang, dan lain-lain yang berkeliaran. Berhubung para anggota Sangha biasa bertelanjang kaki, mereka mungkin bisa menginjak ulat atau digigit oleh serangga hingga terserang penyakit. Buddha sangat memperhatikan kesehatan semua orang.

Master Bercerita: Putri dan Mutiara Air

04 Januari 2019
Pada zaman dahulu, ada seorang raja yang sangat menyayangi putrinya. Jadi, dia membangun sebuah taman bunga yang sangat indah untuk putrinya. Saat matahari menyinari kolam, gelembung air terlihat berwarna-warni. Tuan putri sangat gembira melihatnya. 

Master Bercerita: Monyet dan Labi-labi

21 Desember 2018
Melihat penampilan pedagang perhiasan yang rupawan, raja sangat senang dan ingin menikahkan tuan putri padanya. Sang raja pun menyampaikan niatnya. Sang adik sangat senang mendengarnya. Dia pulang dan memberi tahu kakaknya. 

Master Bercerita: Festival Gadhimai

14 Desember 2018
Di wilayah selatan Nepal, ada sebuah festival. Setiap 5 tahun sekali, di tempat itu diadakan  sebuah festival yang melibatkan persembahan hewan. Festival itu disebut Festival Gadhimai. Ini adalah nama dari seorang dewi. Festival ini dimulai pada 400 tahun lalu.

Master Bercerita: Pilihan Pangeran

29 November 2018
Mengetahui bahwa adiknya berniat buruk, sang kakak lalu meminta izin kepada raja untuk meninggalkan negeri itu. Meski sangat kehilangan, raja tetap mengizinkannya.

Master Bercerita: Kamar Rahula

22 November 2018
Saat melihat Buddha, Rahula tak kuasa diri menahan diri untuk berlutut dan memeluk kaki Buddha sambil menangis. Buddha membungkukkan badan untuk menuntun Rahula berdiri dan memintanya untuk membalikkan badan. “Lihatlah, ular berbisa itu sudah masuk ke kamar kecil.”

Master Bercerita: Prasangka Pelayan Wanita

16 November 2018
Ada seorang pelayan wanita tua di keluarga Sudatta merasa bahwa asalkan ada bhiksu yang datang pindapata, majikannya pasti akan memberinya makanan yang cukup. Dia sangat tidak senang. Dia membicarakannya ke mana-mana bahwa majikannya sangat bodoh dan tidak mengerti menghargai hartanya.

Master Bercerita: Karma Hantu Kelaparan

09 November 2018
Suatu kali, di tepi sungai Gangga, ada banyak hantu kelaparan ingin mengambil air untuk diminum. Mereka melihat Maudgalyayana sedang bermeditasi di sana. Salah satu dari hantu kelaparan itu meminta petunjuk padanya.

Master Bercerita: Pengemis menjadi Ratu

01 November 2018
Melihat seorang gadis tidur di sana, dia pun meminta pelayan wanitanya untuk membangunkannya dan mengganti bajunya. Setelah mengganti baju, gadis itu terlihat sangat cantik dan dibawa ke istana. Setelah melihatnya, raja sangat suka padanya dan menjadikannya sebagai ratu.
Kita hendaknya bisa menyadari, menghargai, dan terus menanam berkah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -