Master Bercerita

Master Bercerita: Induk Kambing dan Anak Harimau

22 Februari 2019
Setelah air kembali tenang, ia menjulurkan kepala lagi dan kembali melihat hewan itu di dalam air. Melihat wujudnya berbeda dengan kambing, ia baru tahu bahwa ia bukanlah kambing, melainkan harimau.

Master Bercerita: Pembalasan Setan Air

14 Februari 2019
Mendengar perkataannya, setan air berpikir, "Benar, saya tidak seharusnya membalas dendam. Dia hanya tidak memberi tahu saya tentang kesalahan saya. Mengapa saya harus membencinya?” 

Master Bercerita: Kebohongan Demi Nafsu Makan

07 Februari 2019
Melihat kambing ini terus melawan dan enggan berjalan maju, bhiksu itu berkata, "Ingatlah tentang kelahiran kembali. Kambing yang kamu bawa ini mungkin adalah ayahmu." Pemuda ini memperhatikan wajah kambing ini dan merasa bahwa ia mirip dengan ayahnya. Dia lalu merangkul kambing itu dan berkata, "Ayah. Ayah pasti sangat menderita."

Master Bercerita: Ujian Batin

02 Februari 2019
Suatu hari, para anggota Sangha membahas bahwa saat Buddha bermeditasi di bawah pohon bodhi, muncul banyak godaan. Salah satunya ialah putri Mara yang mencoba menggoyahkan pikiran-Nya. Namun, pikiran Buddha tidak tergoyahkan. 

Master Bercerita: Balas Budi Kura-kura

28 Januari 2019
Suatu hari, sang ayah meletakkan tabungannya di hadapan putranya dan berkata, "Bertani sungguh sangat melelahkan. Belilah seekor kerbau di kota untuk membantu kita bekerja." Putranya berkata, "Baiklah, saya akan pergi ke kota. Ayah tidak perlu khawatir, saya akan segera pulang."

Master Bercerita: Tujuh Hari Membalas Budi

17 Januari 2019
Suatu kali, Buddha memimpin murid-murid-Nya ke sebuah kota kecil untuk mengumpulkan makanan dan membabarkan Dharma. Ada seorang sesepuh yang hatinya dipenuhi sukacita saat melihat Buddha. Dia meminta izin kepada Buddha untuk memberi persembahan. Buddha tersenyum dan menyetujuinya.

Master Bercerita: Retret Masa Varsa

11 Januari 2019
Di India, cuaca perlahan-lahan memanas. Banyak nyamuk, serangga, ular, kelabang, dan lain-lain yang berkeliaran. Berhubung para anggota Sangha biasa bertelanjang kaki, mereka mungkin bisa menginjak ulat atau digigit oleh serangga hingga terserang penyakit. Buddha sangat memperhatikan kesehatan semua orang.

Master Bercerita: Putri dan Mutiara Air

04 Januari 2019
Pada zaman dahulu, ada seorang raja yang sangat menyayangi putrinya. Jadi, dia membangun sebuah taman bunga yang sangat indah untuk putrinya. Saat matahari menyinari kolam, gelembung air terlihat berwarna-warni. Tuan putri sangat gembira melihatnya. 

Master Bercerita: Monyet dan Labi-labi

21 Desember 2018
Melihat penampilan pedagang perhiasan yang rupawan, raja sangat senang dan ingin menikahkan tuan putri padanya. Sang raja pun menyampaikan niatnya. Sang adik sangat senang mendengarnya. Dia pulang dan memberi tahu kakaknya. 

Master Bercerita: Festival Gadhimai

14 Desember 2018
Di wilayah selatan Nepal, ada sebuah festival. Setiap 5 tahun sekali, di tempat itu diadakan  sebuah festival yang melibatkan persembahan hewan. Festival itu disebut Festival Gadhimai. Ini adalah nama dari seorang dewi. Festival ini dimulai pada 400 tahun lalu.
Cemberut dan tersenyum, keduanya adalah ekspresi. Mengapa tidak memilih tersenyum saja?
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -