Master Bercerita

Master Bercerita: Semangkuk Nasi

03 September 2021
Saudara sekalian, dalam kehidupan sehari-hari, antarmanusia hendaklah saling membantu. Saat kita membantu sesama dengan sukacita, meski kita tidak memiliki pamrih, tetapi demikian benih yang ditabur, demikian pulalah buah yang dituai. Inilah hukum sebab akibat.

Master Bercerita: Kisah Bhiksu Yang Arya Jeyata

23 Juli 2021
Kita sering berkata bahwa setiap bidang pasti ada ahlinya dan setiap orang memiliki fungsi yang berbeda. Meski memiliki fungsi yang berbeda, tetapi kita memiliki satu kesamaan yaitu, sifat hakiki kita yang bajik tanpa keburukan dan murni tanpa noda.

Master Bercerita: Bhiksu Jaga

25 Juni 2021
Agar bisa disiplin dalam kehidupan berkelompok, dibutuhkan arahan yang tepat waktu. Namun, jika ada satu orang saja yang tidak disiplin, itu akan berdampak bagi semua orang dalam kelompok tersebut.

Master Bercerita: Segelas Sari Kedelai

18 Juni 2021
Dalam kehidupan ini, tidak ada momen tanpa perubahan. Seiring berlalunya waktu, tubuh kita juga mengalami metabolisme. Setelah berselang beberapa waktu, jika mengenang kehidupan kita di masa lalu, kita akan mendapati perbedaan besar dengan kehidupan kita sekarang.

Master Bercerita: Kisah Wanita dengan Mutiara di Keningnya

11 Juni 2021
Kita harus bersungguh hati dan selalu menggenggam waktu untuk mempraktikkan Dharma dalam keseharian. Jika kita tidak bersungguh hati, waktu akan berlalu sia-sia dan pengetahuan kita terhadap Dharma tidak akan mengalami kemajuan.

Master Bercerita: Cara Menghadapi Anak Durhaka

04 Juni 2021
Jika berbuat salah, kita harus memperbaikinya. Jika tidak, kita akan selalu melakukan hal yang melanggar hati nurani kita. Hukuman terbesar adalah penyesalan yang menimbulkan kerisauan bagi diri sendiri sekaligus orang lain.

Master Bercerita: Buah Karma si Pemilik Sapi

28 Mei 2021
Semua karma yang kita ciptakan berasal dari pikiran kita. Saat ketamakan, kebencian, kebodohan, dan kesombongan terbangkitkan, karma buruk akan tercipta.

Master Bercerita: Sramanera yang Goyah Tekadnya

21 Mei 2021
Indra pendengaran kita sangatlah sensitif. Baik atau buruk, semua terdengar oleh telinga kita. Lihatlah betapa banyaknya konflik di dunia ini. Bukankah semua itu bagai kegaduhan di dunia ini yang membuat batin kita ikut bergejolak?

Master Bercerita: Kebahagiaan Menyapu Salju

11 Mei 2021
Kita datang ke dunia ini dengan tangan kosong, juga akan pergi dengan tangan kosong. Namun, kita hendaklah memiliki pencapaian. Pencapaian apa? Budi pekerti.

Master Bercerita: Nanda yang Membuang Kesombongan

07 Mei 2021
Nanda adalah adik dari Buddha. Berkat dorongan dari Buddha, dia masuk ke dalam Sangha, tetapi tekadnya tidak teguh. Nafsu keinginannya masih banyak. Terlebih lagi, dia juga angkuh dan sombong.
Kita hendaknya bisa menyadari, menghargai, dan terus menanam berkah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -