Master Bercerita

Master Bercerita: Gajah Menelan Bara Besi

11 Agustus 2023
Keyakinan dan pemahaman sangatlah penting dalam mempelajari Dharma. Yang bijaksana dapat memperoleh pemahaman dari perumpamaan. Untuk menghayati Dharma yang begitu mendalam serta menyatukan batin kita dengan seluruh kebenaran alam semesta, itu tidaklah mudah. Orang yang sangat bijaksana juga membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa memahami Dharma.

Master Bercerita: Tetua yang Kaya dan Kikir

04 Agustus 2023
Setiap orang di dunia ini perlu mendalami Dharma. Makhluk hidup di dunia ini sangatlah banyak. Menyimpang sedikit saja dari prinsip kebenaran, seseorang bisa jauh tersesat. Setiap orang membutuhkan Dharma agar dapat membedakan benar dan salah serta selaras dengan prinsip kebenaran. Dengan demikian, perilaku kita tidak akan menyimpang. Inilah kebenaran sejati yang harus dipahami oleh semua orang.

Master Bercerita: Anak yang Mempersembahkan Dagingnya

28 Juli 2023
Kita harus percaya bahwa dengan berbakti dan berbuat baik, kita dapat melatih diri dan memutus noda batin. Dharma dapat membersihkan batin kita sehingga kita makin dekat dengan sifat hakiki yang murni.

Master Bercerita: Karma Masa Lampau Pria Miskin

21 Juli 2023
Orang-orang memiliki ketamakan. Mereka tamak bukan karena kekurangan, melainkan karena kondisi mental yang tidak benar. Saat melihat sesuatu yang mereka sukai, mereka hendak memilikinya dan berusaha untuk merebutnya. Ini akibat kondisi mental yang tidak benar.

Master Bercerita: Nenek yang Mengungsi

07 Juli 2023
Dengan cinta kasih yang murni tanpa noda, kita dapat menciptakan berkah bagi orang banyak. Saat bersumbangsih dan berdana, kita harus tulus. Sumbangsih yang tulus dan dilandasi oleh cinta kasih yang murni dapat menyentuh alam semesta.

Master Bercerita: Api Kebencian Memicu Perang

30 Juni 2023
Kedua negeri ini semula bersahabat. Namun, seorang penebang kayu yang tengah gusar dan tidak sengaja menjatuhkan sebuah parang malah melukai putra mahkota negeri tetangga dan membuat kedua negeri ini berperang sehingga banyak orang yang tewas dan terluka. Jadi, percikan api saja dapat menghanguskan hutan yang luas. Kobaran api kemarahan dan kebencian dapat memicu terjadinya bencana di dunia ini.

Master Bercerita: Membimbing Sesuai Kapasitas

16 Juni 2023
Buddha mengajari murid-murid-Nya sesuai kapasitas masing-masing. Bagaimanapun kapasitas mereka, Buddha hanya memiliki satu harapan, yakni setiap orang dapat mencapai kebuddhaan dan menyadari hakikat kebuddhaan mereka.

Master Bercerita: Melatih Kesabaran dan Melenyapkan Kebencian

09 Juni 2023
Agar hidup damai dan bahagia di dunia ini, satu-satunya cara ialah merelakan. Di dunia ini, terdapat banyak hal yang kompleks. Setiap orang memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda-beda. Memiliki pandangan yang sama dalam suatu hal tidaklah mudah. Jika tidak bisa mencapai kesepakatan, tentu hati kita akan merasa tidak senang.

Master Bercerita: Kisah Tetua Kaya

02 Juni 2023
Ajaran Buddha merupakan permata yang hendaknya dimanfaatkan dengan baik. Jika merasa memiliki Dharma, kita pasti bisa memanfaatkannya. Jika tidak, kita tidak akan memperoleh apa-apa. Jadi, kita harus memperoleh pencapaian dari Dharma serta terus mengembangkan kebijaksanaan dan berkah di dunia ini.

Master Bercerita: Penari yang Mencari Dharma

19 Mei 2023
Kita harus bersungguh hati dan menggenggam waktu yang ada. Saat tubuh kita sehat dan indra kita sempurna, kita harus bersungguh-sungguh mendengar Dharma dan menyerapnya ke dalam hati. Dengan mendengar Dharma, kita dapat menumbuhkan jiwa kebijaksanaan kita.
Hakikat terpenting dari pendidikan adalah mewariskan cinta kasih dan hati yang penuh rasa syukur dari satu generasi ke generasi berikutnya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -