Master Bercerita

Master Bercerita: Burung yang Mendengarkan Dharma

26 Maret 2021
Zaman kita hidup sekarang ini berjarak lebih dari 2.500 tahun dari zaman Buddha. Namun, kita sangat beruntung dapat terlahir di dunia ini, terlebih lagi berada di lingkungan yang dapat saling mendukung dengan tekad yang sama. Di sini kita meyakini dan menyimak ajaran Buddha. Meski tidak pernah bertemu langsung dengan Buddha, kita berkesempatan untuk mendengar ajaran Buddha. 

Master Bercerita: Ratu Mallika Menaati Sila

19 Maret 2021
Sinopsis Panjang: Kita harus tekun dalam mendengar, merenungkan, dan mempraktikkan Dharma. Berpegang pada sila, samadhi, dan kebijaksanaan saat mempelajari Dharma, ini harus dilakukan oleh setiap orang dengan kesungguhan hati. Inilah arah dan tujuan kita dalam mempelajari Dharma. 

Master Bercerita: Kisah Pangeran Kim Gyo-gak

12 Maret 2021
Kim Gyo-gak adalah pangeran di sebuah kerajaan di Korea. Beliau tidak mengejar apa pun dan sangat gemar mempelajari ajaran Buddha. Beliau hanya berharap dapat menyatu dengan kebenaran. Saat itu, ajaran Buddha sangat populer di Tiongkok. Dengan membawa seekor anjing, Kim Gyo-gak berlayar ke Tiongkok dengan sebuah perahu kecil yang sederhana. 

Master Bercerita: Angsa Emas

05 Maret 2021
Dahulu, ada sebuah keluarga. Berhubung sang ayah sudah tiada, sang ibu membesarkan tiga putri seorang diri. Keluarga ini hidup kekurangan. Sang ibu membawa ketiga putrinya untuk bekerja sebagai pelayan di rumah orang lain. Kehidupan sang ibu dan ketiga putrinya serba kekurangan. 

Master Bercerita: Sramanera Menyelamatkan Semut

19 Februari 2021
Di sebuah kuil di Jepang, tinggal banyak sramanera cilik. Ada seorang bhiksu lansia yang bersungguh hati membimbing mereka. Bhiksu lansia ini memiliki sedikit kemampuan untuk membaca wajah sehingga tahu bahwa ada seorang sramanera cilik yang akan mengalami bencana dalam waktu dekat yang mungkin akan merenggut nyawanya. 

Master Bercerita: Wanita dan Anjing Serigala

10 Februari 2021
Dia berkata, "Anjing serigala yang bodoh. Engkau melepaskan elang dari mulutmu demi menangkap ikan. Sekarang, elang terbang, ikan pun kabur. " Anjing serigala itu berbalik dan berkata, "Kebodohanku hanya membuatku menanggung rasa lapar satu kali, sedangkan kebodohanmu telah merusak seumur hidupmu." Saat itu, wanita itu baru sadar seakan terbangun dari mimpi. 

Master Bercerita: Kisah Dua Harimau

05 Februari 2021
Manusia melakukan kesalahan karena pikiran yang tidak selaras. Jika pikiran kita tidak selaras, tindakan kecil saja bisa membahayakan orang lain sekaligus melukai diri sendiri. 

Master Bercerita: Gajah dan Pemburu

29 Januari 2021
Saat hidup kita berakhir, kita tidak bisa membawa pergi apa pun. Baik yang melatih diri atau tidak, semuanya tidak lepas dari tua, sakit, dan mati. Orang yang tidak melatih diri terus menimbulkan noda batin dan mengakumulasi karma buruk. Akhirnya, mereka juga meninggal dunia dan lenyap dari dunia ini. 

Master Bercerita: Persembahan Ikan si Pedagang

22 Januari 2021
Dalam hidup ini, kita sungguh perlu menyadari kebenaran, baru bisa menyesuaikan diri dengan dunia. Jika tidak memahami kebenaran, kita tidak akan bisa menyesuaikan diri dan akan sangat tersiksa di dunia ini. 

Master Bercerita: Setan Penyantap Manusia

22 Januari 2021
Makhluk awam selalu membangkitkan pikiran pengganggu dan noda batin yang tiada akhir. Berhubung membangkitkan noda batin yang tiada akhir, mereka mengalami penderitaan tak terkira dan terus mengalami kelahiran kembali di Enam Alam Kehidupan. Berhubung telah memahami bahwa penyebab siklus kelahiran kembali ialah noda batin, kita harus memutus noda batin. 
Melatih diri adalah membina karakter serta memperbaiki perilaku.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -