Master Bercerita

Master Bercerita: Wanita dan Anjing Serigala

10 Februari 2021
Dia berkata, "Anjing serigala yang bodoh. Engkau melepaskan elang dari mulutmu demi menangkap ikan. Sekarang, elang terbang, ikan pun kabur. " Anjing serigala itu berbalik dan berkata, "Kebodohanku hanya membuatku menanggung rasa lapar satu kali, sedangkan kebodohanmu telah merusak seumur hidupmu." Saat itu, wanita itu baru sadar seakan terbangun dari mimpi. 

Master Bercerita: Kisah Dua Harimau

05 Februari 2021
Manusia melakukan kesalahan karena pikiran yang tidak selaras. Jika pikiran kita tidak selaras, tindakan kecil saja bisa membahayakan orang lain sekaligus melukai diri sendiri. 

Master Bercerita: Gajah dan Pemburu

29 Januari 2021
Saat hidup kita berakhir, kita tidak bisa membawa pergi apa pun. Baik yang melatih diri atau tidak, semuanya tidak lepas dari tua, sakit, dan mati. Orang yang tidak melatih diri terus menimbulkan noda batin dan mengakumulasi karma buruk. Akhirnya, mereka juga meninggal dunia dan lenyap dari dunia ini. 

Master Bercerita: Persembahan Ikan si Pedagang

22 Januari 2021
Dalam hidup ini, kita sungguh perlu menyadari kebenaran, baru bisa menyesuaikan diri dengan dunia. Jika tidak memahami kebenaran, kita tidak akan bisa menyesuaikan diri dan akan sangat tersiksa di dunia ini. 

Master Bercerita: Setan Penyantap Manusia

22 Januari 2021
Makhluk awam selalu membangkitkan pikiran pengganggu dan noda batin yang tiada akhir. Berhubung membangkitkan noda batin yang tiada akhir, mereka mengalami penderitaan tak terkira dan terus mengalami kelahiran kembali di Enam Alam Kehidupan. Berhubung telah memahami bahwa penyebab siklus kelahiran kembali ialah noda batin, kita harus memutus noda batin. 

Master Bercerita: Pria yang Mengorbankan Matanya

15 Januari 2021
Di dunia ini, yang paling berharga ialah kehidupan. Semua orang bekerja keras setiap hari. Saat ditanya mengapa mereka begitu bekerja keras, mereka menjawab bahwa demi menjaga kelangsungan hidup. Hidup di dunia ini, kita semua membutuhkan kehidupan yang sehat. Inilah yang paling penting. Jadi, yang paling berharga ialah kehidupan. 

Master Bercerita: Raja Asoka dan Raja Naga

28 Agustus 2020
Dalam jalan pelatihan diri, kita mementingkan keluhuran. Melatih keluhuran dimulai dari melatih pikiran. Orang yang memiliki keluhuran akan memahami kebenaran. Kita harus terlebih dahulu bersumbangsih tanpa pamrih hingga mendapat pengakuan dari orang-orang. 

Master Bercerita: Anjing Penjaga Harta

19 Agustus 2020
Jika kita bisa memahami kebenaran alam semesta, fisik dan batin kita akan terbebaskan. Berhubung tidak memahami kebenaran, kita selalu diselimuti noda batin. Jika noda batin tidak dilenyapkan, kita akan selamanya tersesat. 

Master Bercerita: Lembu Kesayangan Nenek

14 Agustus 2020
Dalam interaksi antarsesama manusia, harus ada dua hal, yakni cinta kasih dan rasa syukur. Saat menerima berbagai kebaikan, hati kita harus senantiasa dipenuhi rasa syukur.  Demikian pulalah yang diajarkan Buddha saat Buddha masih hidup. 

Master Bercerita: Nyanyian Pria Miskin

07 Agustus 2020
Saat bermeditasi, saya teringat akan sebuah kisah dalam Sutra. Saat masih hidup, Buddha pernah menjelaskan kepada Raja Prasenajit bahwa keberuntungan dan kemalangan dalam kehidupan bergantung pada perbuatan diri sendiri. 
Orang yang selalu bersumbangsih akan senantiasa diliputi sukacita. Orang yang selalu bersyukur akan senantiasa dilimpahi berkah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -