Master Bercerita

Master Bercerita: Surat Cerai

17 April 2020
Terhadap sesama, kita harus lebih lapang hati dan jangan terlalu perhitungan. Selain itu, kita juga harus penuh pengertian dan toleransi dalam kehidupan sehari-hari. 

Master Bercerita: Kemalangan Seorang Wanita

09 April 2020
Kita harus membina keyakinan dan keteguhan serta sungguh-sungguh memahami kebenaran tentang ketidakkekalan hidup. Adakalanya, kita merasa bahwa kehidupan kita penuh harapan. Namun, segala kondisi bisa berubah dalam sekejap. Keberuntungan dan kemalangan hanya dibatasi oleh sebuah garis halus. 

Master Bercerita: Kisah Keranjang Besar

05 April 2020
Setiap orang memiliki keluarga dan orang tua. Pendidikan keluarga dan nilai kekeluargaan hendaknya dilandasi oleh nilai-nilai kebajikan. Kebajikan yang paling utama ialah berbakti. Dalam sebuah keluarga, jika orang tua penuh cinta kasih dan anak berbakti, maka nilai kekeluargaan dalam keluarga itu pasti sangat tinggi. 

Master Bercerita: Orang Terpelajar dan Dewa Dapur

27 Maret 2020
Saya sering berkata bahwa keluarga yang memupuk kebajikan akan dipenuhi berkah. Jika ada keluarga yang seluruh anggotanya adalah orang baik, maka Dewa Dapur akan melaporkannya kepada Kaisar Langit. Jika ada keluarga yang seluruh anggotanya sering berselisih dan tidak mementingkan nilai moral, Dewa Dapur juga akan melaporkan bahwa keluarga itu banyak berbuat jahat sehingga keluarga itu terus dilanda bencana. Karena itu, setiap keluarga berusaha untuk menyenangkan hati Dewa Dapur. 

Master Bercerita: Manik-manik yang Hilang

13 Maret 2020
Hidup atau mati tidaklah penting. Yang terpenting ialah selama kita hidup, bagaimana kita menjalani hidup, bagaimana kita bersikap, dan bagaimana kita bertindak.

Master Bercerita: Pinjami Aku Satu Dolar

06 Maret 2020
Segala sesuatu tidak bisa dibawa pergi, hanya karma yang selalu mengikuti. Jika kita menciptakan berkah, maka berkah akan mengikuti kita. Jadi, dalam hidup ini, kita tidak perlu sombong, juga tidak perlu putus asa. 

Master Bercerita: Di Bawah Pohon Berangan

28 Februari 2020
Manusia kerap menekankan kebajikan. Kebajikan tanpa keharmonisan tetap akan membawa masalah. Kebajikan tanpa keharmonisan bukanlah kebajikan. Jika masyarakat kita tak dapat harmonis, ia akan kacau. 

Master Bercerita: Raja yang Tamak

14 Juni 2019
Raja meminta rakyatnya memberikan emas padanya. Emas-emas itu rencananya akan digunakan untuk menyogok Raja Yama agar ia tidak masuk ke dalam neraka. 

Master Bercerita: Kicauan Sedih Talas Putih

29 Mei 2019
Dalam kehidupan sehari-hari, hati kita harus tenang dan damai serta merenungkan segala hal dengan teliti. Jika kita bisa merenungkan segala hal dengan hati yang tenang maka kita bisa menghadapi semua hal dan orang lain juga dengan tenang dan damai. 

Master Bercerita: Dewi Pohon dan Dewa Rumput

17 Mei 2019
Kita harus bergaul dengan siapa saja, tanpa memandang status kaya atau miskin. Semua orang adalah setara. Kita harus membedakan benar dan salah, tetapi jangan membedakan kaya dan miskin. 
Bertambahnya satu orang baik di dalam masyarakat, akan menambah sebuah karma kebajikan di dunia.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -