Master Bercerita

Master Bercerita: Cara Menghadapi Anak Durhaka

04 Juni 2021
Jika berbuat salah, kita harus memperbaikinya. Jika tidak, kita akan selalu melakukan hal yang melanggar hati nurani kita. Hukuman terbesar adalah penyesalan yang menimbulkan kerisauan bagi diri sendiri sekaligus orang lain.

Master Bercerita: Buah Karma si Pemilik Sapi

28 Mei 2021
Semua karma yang kita ciptakan berasal dari pikiran kita. Saat ketamakan, kebencian, kebodohan, dan kesombongan terbangkitkan, karma buruk akan tercipta.

Master Bercerita: Sramanera yang Goyah Tekadnya

21 Mei 2021
Indra pendengaran kita sangatlah sensitif. Baik atau buruk, semua terdengar oleh telinga kita. Lihatlah betapa banyaknya konflik di dunia ini. Bukankah semua itu bagai kegaduhan di dunia ini yang membuat batin kita ikut bergejolak?

Master Bercerita: Kebahagiaan Menyapu Salju

11 Mei 2021
Kita datang ke dunia ini dengan tangan kosong, juga akan pergi dengan tangan kosong. Namun, kita hendaklah memiliki pencapaian. Pencapaian apa? Budi pekerti.

Master Bercerita: Nanda yang Membuang Kesombongan

07 Mei 2021
Nanda adalah adik dari Buddha. Berkat dorongan dari Buddha, dia masuk ke dalam Sangha, tetapi tekadnya tidak teguh. Nafsu keinginannya masih banyak. Terlebih lagi, dia juga angkuh dan sombong.

Master Bercerita: Keluhuran Seorang Raja

30 April 2021
Jika memiliki tubuh yang sehat, tetapi tanpa pikiran yang sehat, semakin lama kita hidup, semakin banyak pula karma buruk yang kita ciptakan.

Master Bercerita: Khayalan si Miskin

23 April 2021
Saya sering berkata bahwa kita harus menggenggam saat ini dan mempertahankan niat baik yang timbul seketika. Meski niat baik itu hanya muncul seketika, niat inilah yang harus kita pertahankan selamanya.

Master Bercerita: Kesempatan Kedua si Terpidana Mati

16 April 2021
Sulit bagi batin kita untuk tidak terpengaruh oleh kondisi luar. Dalam kehidupan sehari-hari, tidak terpengaruh oleh apa yang kita dengar dan lihat, itu sungguh sangat sulit. 

Master Bercerita: Seorang Umat yang Berhati Baik

09 April 2021
Janganlah kita memiliki niat melukai orang lain, sebaliknya kita harus memiliki niat menolong orang. Inilah yang harus kita tanyakan kepada diri sendiri. 

Master Bercerita: Air Susu Dibalas Air Tuba

01 April 2021
Sebagai manusia, kita harus mengerti prinsip kebenaran, terlebih harus tahu cara untuk menghadapi orang dan masalah. Jadi, Buddha mengajarkan kepada kita bahwa kita harus menerapkan prinsip kebenaran dalam kehidupan sehari-hari. 
Orang yang mau mengaku salah dan memperbaikinya dengan rendah hati, akan mampu meningkatkan kebijaksanaannya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -