Master Bercerita

Master Bercerita: Melatih Kesabaran dan Melenyapkan Kebencian

09 Juni 2023
Agar hidup damai dan bahagia di dunia ini, satu-satunya cara ialah merelakan. Di dunia ini, terdapat banyak hal yang kompleks. Setiap orang memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda-beda. Memiliki pandangan yang sama dalam suatu hal tidaklah mudah. Jika tidak bisa mencapai kesepakatan, tentu hati kita akan merasa tidak senang.

Master Bercerita: Kisah Tetua Kaya

02 Juni 2023
Ajaran Buddha merupakan permata yang hendaknya dimanfaatkan dengan baik. Jika merasa memiliki Dharma, kita pasti bisa memanfaatkannya. Jika tidak, kita tidak akan memperoleh apa-apa. Jadi, kita harus memperoleh pencapaian dari Dharma serta terus mengembangkan kebijaksanaan dan berkah di dunia ini.

Master Bercerita: Penari yang Mencari Dharma

19 Mei 2023
Kita harus bersungguh hati dan menggenggam waktu yang ada. Saat tubuh kita sehat dan indra kita sempurna, kita harus bersungguh-sungguh mendengar Dharma dan menyerapnya ke dalam hati. Dengan mendengar Dharma, kita dapat menumbuhkan jiwa kebijaksanaan kita.

Master Bercerita: Kehidupan Lampau dan Sekarang

05 Mei 2023
Berkah di kehidupan sekarang berasal dari kebajikan yang kita pupuk di kehidupan lampau. Berhubung telah membina berkah dan kebijaksanaan di kehidupan lampau, kini kita dapat mempelajari Dharma serta mengembangkan welas asih, kebijaksanaan, dan kebajikan.

Master Bercerita: Bhiksu Ling You Menendang Botol

28 April 2023
Melihat hakikat sejati dan mempelajari jalan kebenaran hendaknya sangat mudah. Saat kita terbebas dari kerisauan dan beban, saat itulah kita bisa melihat hakikat sejati dan mempelajari jalan kebenaran. Jangan membiarkan ketenaran dan keuntungan menodai batin kita. Setiap orang memiliki hakikat kebuddhaan dan hendaknya senantiasa menjaga kemurnian hati.

Master Bercerita: Salah Membunuh Anjing Setia

14 April 2023
Orang zaman dahulu berkata, "Binalah pikiran baik dan lakukanlah perbuatan baik." Benar, kita harus membina pikiran baik dan melakukan perbuatan baik. Ini merupakan tujuan yang sangat penting dalam pelatihan diri kita. Saat melakukan sesuatu, janganlah kita melakukan perbuatan buruk ataupun membangkitkan pikiran buruk. Dengan demikian, penderitaan tidak akan timbul.

Master Bercerita: Memanipulasi Timbangan

06 April 2023
Kita harus memiliki hati dan pikiran yang lapang. Jika kita berpikiran picik, biasanya tabiat buruk kita, seperti ketamakan, akan terus terakumulasi hingga sangat besar. Ketamakan kecil sering kali diikuti oleh ketamakan besar. Karena itu, kita harus menjaga pikiran dengan baik.

Master Bercerita: Anak yang Tulus Memberi Persembahan

31 Maret 2023
Kita harus memandang penting niat mencari Dharma. Niat ini haruslah sangat mendalam. Kita yang berikrar untuk mencapai kebuddhaan hendaklah memandang penting niat ini. Ikrar adalah tujuan. Kita membangun Empat Ikrar Agung dan berikrar untuk mempraktikkan Empat Pikiran Tanpa Batas.

Master Bercerita: Nanda Menjadi Bhiksu

24 Maret 2023
Orang zaman dahulu mengatakan bahwa kita hendaknya memperbarui diri setiap hari. Jika kita bisa menghapus semua hal yang tidak menyenangkan yang terjadi sebelumnya setelah bangun tidur, kita bisa menjalani hidup dengan bahagia.

Master Bercerita: Lima Pahala Menyapu

16 Maret 2023
Saya sering berkata bahwa kita melatih diri dalam kehidupan sehari-hari. Dalam segala sesuatu terdapat pelajaran yang bisa dipetik. Contohnya sekelompok relawan Tzu Chi yang kembali dari tempat yang jauh dan beberapa hari ini bekerja bersama para bhiksuni di Griya Jing Si.
Lebih mudah sadar dari kesalahan yang besar; sangat sulit menghilangkan kebiasaan kecil yang buruk.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -