Master Bercerita

Master Bercerita: Perubahan Si Gajah

10 Mei 2019
Karena sering mendengarkan perkataan-perkataan buruk, gajah yang jinak itu berubah menjadi galak dan menyerang manusia dan hewan lain. Gajah itu hanya bisa kembali menjadi baik dan jinak setelah mendengarkan perkataan-perkataan baik dari orang yang bijaksana. 

Master Bercerita: Kisah Putri Raja Asoka

03 Mei 2019
Pelayan yang memberi persembahan kepada Buddha dengan tulus kemudian terlahir kembali menjadi Putri Raja Asoka. Ini salah satu kisah dalam Sutra. Jika ingin memberi tahu orang-orang bahwa berdana dapat mendatangkan berkah, kita dapat menggunakan kisah ini. 

Master Bercerita: Ayah dan Anak Pesulap

26 April 2019
Tubuh ini mengalami fase lahir, tua, sakit, dan mati. Jadi, tidak ada wujud yang kekal. Apakah masa bayi, balita, atau remaja yang merupakan “aku" yang sesungguhnya?? Kemana pula "aku" pada masa remaja dan muda yang penuh harapan? Kelak, apakah mungkin saya hidup hingga berusia 80, 90, 100, atau 120 tahun? Kita tidak bisa kembali ke masa lalu, juga tidak bisa memastikan masa depan. 

Master Bercerita: Burung yang Pelit

18 April 2019
Terlalu mengkhawatirkan harta membuat pemiliknya menderita. Karena ingin menjaga buah biwa, burung itu selalu berkicau nyaring setiap ada orang yang hendak memetiknya. Karena terlalu kencang dan memaksakan diri, burung itu akhirnya muntah darah dan mati.

Master Bercerita: Ayah Mencari Anak

12 April 2019
Seorang ayah tidak rela anaknya meninggal. Ia berusaha mencari cara agar anaknya kembali. Buddha berkata, "Manusia terlahir di dunia ini karena adanya jalinan jodoh. Kini jalinan jodoh kalian telah berakhir, berusaha membawanya kembali hanya akan mendatangkan penderitaan." 

Master Bercerita: Monyet yang Berhati Baik

05 April 2019
Saat terjadi kebakaran di hutan, seekor monyet membantu menyelamatkan hewan-hewan lain yang tidak berdaya. Ia berani menempuh resiko demi menyelamatkan hewan-hewan lain. Sesungguhnya, sifat hakiki semua makhluk ialah bajik. 

Master Bercerita: Ibu di Lima Kehidupan

29 Maret 2019
Ada seorang anak yang baru berusia tujuh tahun, tetapi terus merenungkan bagaimana dia terlahir di dunia ini dan ke mana dia akan pergi setelah hidupnya berakhir. Dia terus bertanya-tanya akan hal ini. Dia membicarakan hal-hal yang berbeda dengan anak-anak seusianya. 

Master Bercerita: Si Kuda yang Lapang Dada

25 Maret 2019
Pemilik kuda tunggangan berkata, "Kuda saya menggigit kudamu, tetapi kudamu telah memaafkannya. Di dalam hati, kuda saya sangat menyesal. Kini kedua kuda ini telah berdamai." 

Master Bercerita: Bunga Cinta Kasih

15 Maret 2019
Di sebuah desa di Jepang, terdapat seorang pemuda yang sangat terampil dalam berburu. Dengan mendengar saja, dia bisa mengetahui di mana sasarannya berada. Setiap kali dia melepaskan tembakan, tidak ada yang memeleset. Namun, di dalam hatinya tidak ada cinta kasih.

Master Bercerita: Lomba Merawat Kuil

28 Februari 2019
Kedua kelompok ini mulai bekerja pada waktu yang sama. Para pemuda itu mengecat kuil sehingga kuil itu terlihat baru. Perpaduan warna-warna yang cerah terlihat sangat indah. Di kuil kedua, para bhiksu menyapu setiap sudut hingga bersih. Mereka mengisi ember dengan air serta mengepel, mengelap, dan menggosok seluruh kuil dengan kain. Kuil tersebut menjadi sangat bersih.
Kita harus bisa bersikap rendah hati, namun jangan sampai meremehkan diri sendiri.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -