Master Bercerita

Master Bercerita: Memohon Kekayaan pada Api

30 Desember 2022
Buddha memiliki pemahaman menyeluruh terhadap seluruh kebenaran alam semesta. Karena itu, kita hendaknya yakin terhadap ajaran Buddha. Ajaran Buddha membimbing kita melangkah maju ke arah yang benar. Kekuatan keyakinan dapat menumbuhkan akar keyakinan kita. Dengan kekuatan keyakinan, kita akan tekun melatih diri sehingga dapat menumbuhkan akar keyakinan dan menghapus takhayul. Yang paling dikhawatirkan ialah percaya pada takhayul.

Master Bercerita: Dua Setan Berebut Jenazah

16 Desember 2022
Pikiran kita tidak boleh menyimpang sedikit pun. Saya sering berkata bahwa menyimpang sedikit saja, kita akan jauh tersesat. Jadi, pikiran sangatlah penting. Karakter dan kondisi batin kita bergantung pada pikiran kita. Jika pikiran kita menyimpang, menyelaraskannya bukanlah hal yang mudah. Jadi, kita harus menjaga pikiran kita. Begitu pikiran kita menyimpang, kita akan terjatuh dalam perangkap Mara.

Master Bercerita: Tuan Tanah Penyebar Kebajikan

09 Desember 2022
Sebagai makhluk yang berakal budi, manusia selalu berkata, "Kita pasti bisa mengalahkan alam dan melakukan segalanya." Jika benar demikian, mengapa manusia tidak berpikir untuk melindungi semua kehidupan?

Master Bercerita: Tuan Tanah yang Kikir

02 Desember 2022
Saya berharap kita semua dapat bertekad untuk mengerahkan kekuatan. Membawa manfaat bagi sesama dengan welas asih dapat menenteramkan fisik dan batin kita. Kita harus menggenggam setiap waktu untuk menghimpun lebih banyak niat baik.  

Master Bercerita: Jalinan Jodoh Cankala

25 November 2022
Dengan penuh welas asih, Buddha berulang kali kembali ke dunia yang penuh kekeruhan ini demi membimbing semua makhluk. Buddha tidak pernah menyerah pada semua makhluk. Karena itu, kita hendaknya menyatakan berlindung kepada Buddha dengan rasa hormat tertinggi. Kita hendaknya memahami jalan agung dan bertekad untuk mencapai kebuddhaan.

Master Bercerita: Tiga Pembalasan Si Lembu

18 November 2022
Saudara sekalian, saya pernah mengatakan bahwa membangkitkan pikiran buruk atau membunuh, mencuri, melakukan perbuatan asusila, berdusta, berkata-kata kasar, mengucapkan sumpah serapah, dan sebagainya akan membuat kita terikat dengan orang lain. Jadi, setelah memahami kebenaran, kita harus senantiasa bertobat dan waspada.  

Master Bercerita: Anak Pembangkang

11 November 2022
Dalam kehidupan sehari-hari, interaksi dengan kondisi luar dapat memengaruhi pikiran yang timbul. Jika pikiran tidak dijaga dengan baik, ia akan bagai kera atau kuda yang tidak terkendali.

Master Bercerita: Pedagang Bunga

04 November 2022
Lewat kisah pada zaman Buddha tadi, kita bisa memahami bahwa kebajikan harus segera dilakukan. Setiap orang yang kita temui adalah mitra bajik kita yang dapat membimbing kita. Kisah ini juga mengingatkan kita untuk selalu menggenggam jalinan jodoh.

Master Bercerita: Semangkuk Nasi

03 September 2021
Saudara sekalian, dalam kehidupan sehari-hari, antarmanusia hendaklah saling membantu. Saat kita membantu sesama dengan sukacita, meski kita tidak memiliki pamrih, tetapi demikian benih yang ditabur, demikian pulalah buah yang dituai. Inilah hukum sebab akibat.

Master Bercerita: Kisah Bhiksu Yang Arya Jeyata

23 Juli 2021
Kita sering berkata bahwa setiap bidang pasti ada ahlinya dan setiap orang memiliki fungsi yang berbeda. Meski memiliki fungsi yang berbeda, tetapi kita memiliki satu kesamaan yaitu, sifat hakiki kita yang bajik tanpa keburukan dan murni tanpa noda.
Bila sewaktu menyumbangkan tenaga kita memperoleh kegembiraan, inilah yang disebut "rela memberi dengan sukacita".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -