Berita

Mencintai Bumi dengan Belajar Memilah Barang yang Bisa Didaur Ulang

07 Mei 2024
Murid-murid kelas budi pekerti Qin Zi Ban Besar (murid kelas 4-6 SD) dan orang tua murid mengikuti pemilahan barang-barang yang bisa didaur ulang di Depo Pendidikan Tzu Chi di perumahan Jondul Blok M, Pekanbaru, Riau. 

Pendidikan yang Humanis

Pendidikan yang Humanis

11 Juli 2011
Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Prof. Dr.Ir..KH Mohammad Nuh dalam acara peresmian Sekolah Tzu Chi di PIK Jakarta Utara mengatakan,  “Pendidikan mulia karena memanusiakan manusia, oleh karena itu, meskipun berat, kita harus tetap optimis bisa menyelesaikan persoalan tersebut."
Sekolah Tzu Chi Tak Bedakan Suku, Agama

Sekolah Tzu Chi Tak Bedakan Suku, Agama

11 Juli 2011
Kelas budaya humanis menjadi ciri khas Tzu Chi School, menanamkan sikap bersyukur dan menghormati, dan welas asih. Sekolah Tzu Chi menerapkan cara berpikir dan praktik langsung dalam pengajaran kata perenungan dan menerapkan nilai-nilai sopan santun dan budi pekerti luhur dalam kehidupan sehari-hari.
Suara Kasih: Terampil Mendaur Ulang

Suara Kasih: Terampil Mendaur Ulang

09 Juli 2011
Para relawan daur ulang sangat mengasihi bumi dan menghargai apa pun. Cinta kasih mereka dapat merangkul seluruh dunia ini beserta dengan isinya. Inilah yang disebut dengan hati seluas jagat raya, yakni cinta kasih  yang melingkupi seluruh dunia.
Suara Kasih: Makna Agama Sesungguhnya

Suara Kasih: Makna Agama Sesungguhnya

08 Juli 2011
Saya sering mengatakan bahwa agama tidak boleh tidak ada dalam diri setiap orang, karena agama adalah pembimbing kehidupan ke arah yang damai dan penuh cinta kasih. Dalam beragama, perlu adanya keyakinan benar untuk dapat berjalan ke arah kedamaian.
Menyalakan Pelita Harapan

Menyalakan Pelita Harapan

08 Juli 2011
Hal inilah yang ingin disebarkan oleh Tzu Chi kepada seluruh insan manusia. Dengan melihat banyak penderitaan di dunia kita dapat introspeksi diri, melihat berapa beruntungnya kita dibandingkan dengan orang-orang yang mengalami penderitaan.
Bersumbangsih Tanpa Pamrih.

Bersumbangsih Tanpa Pamrih.

08 Juli 2011
Ketika sedang memberikan ceramah, Master Cheng Yen bercerita mengenai seorang perempuan yang memutuskan bekerja sebagai pembantu rumah tangga sehingga ia dapat menghasilkan uang untuk membantu terwujudnya proyek pembangunan Rumah Sakit di Hua Lien.
Semangat Hidup Oma Nelly

Semangat Hidup Oma Nelly

08 Juli 2011
Dahulu yang menjadi tulang punggung di keluarga ini adalah ayah Christina, Opa Thomas. Tetapi semenjak ayahnya pensiun sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) Angkatan Darat pada tahun 1984, kehidupan keluarga hanya bergantung dari uang hasil pensiunan.
Suara Kasih: Membersihkan Kekeruhan Batin

Suara Kasih: Membersihkan Kekeruhan Batin

07 Juli 2011
Air adalah unsur penting bagi manusia dan bumi ini, juga merupakan sumber kehidupan. Manusia tak dapat hidup tanpa air. Jika unsur air di dunia tidak selaras, maka keselamatan manusia dan bumi akan terancam. Untuk mengembalikan keselarasan alam, pikiran manusia harus lebih dahulu selaras.
Menyelami Dharma di Hati

Menyelami Dharma di Hati

07 Juli 2011
Yang pertama dari sepuluh tingkatan Bodhisatwa adalah tingkatan sukacita. Apa yang membuat kita menjadi tidak sukacita? Apakah ketamakan, kebencian, kebodohan, kesombongan, keraguan?“ tanya Hendry kepada para peserta. Tentu saja pertanyaan tersebut tidak mudah untuk dijawab.
Jalan Bodhisatwa di Hati Kami

Jalan Bodhisatwa di Hati Kami

07 Juli 2011
Tiba-tiba suara merdu dari Amelia Shijie sebagai MC acara memanggil kami untuk segera berbaris memasuki ruangan acara pada pukul 08.10 WIB. Sungguh beruntung, saya mendapat tempat duduk di depan baris ketiga sehingga bisa menyimak acara training dengan baik.
Suara Kasih: Menghimpun Kebajikan

Suara Kasih: Menghimpun Kebajikan

06 Juli 2011
Aparat militer menggunakan kekerasan dan mengejar demonstran dengan tank. Kerusuhan yang terjadi selama lebih dari 3 bulan ini telah menelan sekitar seribu korban. Saya sungguh tidak sampai hati melihatnya. Sesungguhnya, tanggal 20 Juni adalah Hari Pengungsi Sedunia.
Ciri Khas Pendidikan Tzu Chi

Ciri Khas Pendidikan Tzu Chi

06 Juli 2011
namun lain hal bagi Sekolah Tzu Chi, pendidikan budi pekerti tetap dilestarikan dan bahkan menjadi mata pelajaran yang sangat penting sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Apa yang dipelajari dalam budi pekerti itulah yang menjadi norma-norma dalam kehidupan sehari-hari yang nyata dan dapat dipraktikkan.
Donor Darah untuk Sesama

Donor Darah untuk Sesama

06 Juli 2011 Kesibukan untuk mempersiapkan kegiatan ini sudah tampak sejak satu hari sebelumnya, dimana koordinator kegiatan dan segenap ketua seksi sudah sibuk mempersiapkan sarana pendukung untuk acara donor darah keesokan harinya.
“Gan En Shixiong-Shijie”

“Gan En Shixiong-Shijie”

06 Juli 2011
Kegiatan bersih-bersih ini sebagai persiapan untuk kegiatan perlombaan perahu naga yang diselenggarakan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan bertujuan agar dapat menjadi kegiatan tetap yang menginspirasi masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai, sehingga secara tak langsung akan membawa dampak positif untuk kehidupan mereka.
Suara Kasih: Bersinarnya Harapan Pendidikan

Suara Kasih: Bersinarnya Harapan Pendidikan

05 Juli 2011
Sutra Bakti Seorang Anak yang maknanya sangat dalam juga mampu mereka pentaskan. Para siswa di kedua sekolah ini memerankan kakek, nenek, ayah, ibu, juga anak yang tak berbakti. Anak yang tak berbakti diperankan dengan sangat bagus, begitu juga dengan ayah dan ibu yang sangat mengasihi anaknya. Mereka memerankannya dengan sangat baik.
Berbicaralah secukupnya sesuai dengan apa yang perlu disampaikan. Bila ditambah atau dikurangi, semuanya tidak bermanfaat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -