Kumpulan Kisah Humanis

Setangkup Asa Pasca Dua Tahun Gempa

Setangkup Asa Pasca Dua Tahun Gempa

04 Januari 2021

Rumah menjadi salah satu faktor utama yang dinanti warga korban gempa, tsunami, dan likuefaksi di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah. Setelah dua tahun lebih tinggal di hunian sementara (Huntara), Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Tadulako, Palu dan Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Pombewe, Sigi, Sulawesi Tengah menjadi penyemangat warga dalam memulihkan kehidupannya.

Komitmen Pada Guru

Komitmen Pada Guru

02 Desember 2020

Bagaikan sebuah kapal layar yang membutuhkan nahkoda, Tzu Chi Indonesia juga memiliki figur pimpinan yang memandu yayasan ini. Dengan Liu Su Mei sebagai ketua, juga Franky Oesman Widjaja dan Sugianto Kusuma sebagai wakil ketua, Tzu Chi Indonesia melangkah mantap seiring pertambahan usianya. Ketiganya adalah para pengusaha, pemimpin, dan sosok relawan yang giat bersumbangsih untuk menyebarkan semangat dari sang guru, Master Cheng Yen.

Menggalang Hati di Tengah Keterbatasan

Menggalang Hati di Tengah Keterbatasan

09 September 2020

Perhatian dan cinta kasih memang sempurna. Ia mampu menggerakkan manusia untuk berbuat kebajikan kepada sesama. Hal inilah yang dialami Erwin, salah satu penerima bantuan Tzu Chi pada 16 tahun silam. Kini, di saat wabah pandemi menerpa, Erwin pun tergerak untuk ikut bersumbangsih. Perhatian yang diterimanya 16 tahun silam menggerakkan hatinya untuk ikut membantu sesama.

Wujud Kepedulian Dalam Bingkisan Cinta Kasih

Wujud Kepedulian Dalam Bingkisan Cinta Kasih

28 Agustus 2020

Dampak pandemi Covid-19 dirasakan oleh para pekerja informal dan keluarga prasejahtera di Indonesia. Setelah sebelumnya mendukung penanganan wabah Covid-19 dengan memberikan bantuan peralatan dan perlengkapan medis untuk para tim medis yang berjuang di garis depan, Tzu Chi Indonesia juga memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia.

Secercah Harapan Bagi Warga Binaan

Secercah Harapan Bagi Warga Binaan

28 Juli 2020

Dengan kesabaran dan perhatian yang tulus, relawan Tzu Chi Tebing Tinggi membimbing warga binaan (narapidana) menjadi pribadi yang lebih baik. Bila kita tidak memberi kesempatan dan jalan keluar bagi mereka, maka akan semakin sulit bagi mereka untuk kembali ke jalan yang terang

Membangkitkan Semangat Hidup Anton

Membangkitkan Semangat Hidup Anton

18 Juni 2020

"Kisah inspiratif ini datang dari Anton, warga Karang Rahayu, Cikarang. Dua kemalangan membuat kaki kirinya tak utuh lagi dan berteman dengan kaki palsu. Namun Anton perlahan bisa bangkit, menjalani hidupnya dengan berjualan sayuran di pasar, dan bahkan lebih dari itu.”


Upaya Menyembuhkan Indonesia

Upaya Menyembuhkan Indonesia

03 Juni 2020

Coronavirus Disease 2019 atau yang kini dikenal dengan Covid-19 menjadi mimpi buruk di 213 negara. World Health Organization (WHO) menginformasi ada 131.037 orang meninggal (April 2020) di seluruh dunia. Sementara Indonesia, kini menduduki rangking 38 sebaran Covid-19 dengan 5.516 penderita positif.

Belajar dari Semangat Marmi

Belajar dari Semangat Marmi

20 Februari 2020

“Kanker bukan akhir dari segalanya, bahagia itu sederhana kalau kita selalu mengucap syukur. Selagi Tuhan kasih napas jangan disia-siakan. Bahagia itu bukan berarti kita banyak uang, kita tidak sakit, tetapi bagaimana kita bisa ikhlas dan bersyukur,” tandas Marmi dengan penuh senyuman. Meski tengah berjuan melawan sakit, Marni tetap berusaha dengan mengajar les privat anak-anak di sekitar tempat tinggalnya.

Niat Baik Si Calon Dokter

Niat Baik Si Calon Dokter

11 Februari 2020

Berasal dari sebuah Desa Adat Suku Dayak di Kecamatan Kongbeng, Kalimantan Timur, perjalanan Meri meraih mimpi memang tidak mudah karena dihantui biaya dan stigma. Namun keluarga besar dan Tzu Chi Sinar Mas menjadi tumpuannya untuk meraih asa. Kini Meri tumbuh percaya diri dan rasa bangga karena cita-cita menjadi dokter bukan hanya mimpi semata.

Melangkah Berbagi Berkah

Melangkah Berbagi Berkah

28 Januari 2020

Sudah lebih dari setahun yang lalu bencana gempa dan tsunami menimpa Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah. Sudah setahun pula, bantuan jangka pendek, menengah dan panjang dijalankan bertahap oleh relawan Tzu Chi. Jalinan jodoh semakin erat, hubungan kehangatan sungguh bagai keluarga. Setahun bukanlah akhir, karena cinta kasih tak mengenal kata usai.

Ada Tekad Maka Ada Jalan

Ada Tekad Maka Ada Jalan

27 November 2019

Menjadi relawan adalah sebuah pilihan. Dan ketika pilihan sudah ditetapkan maka pantang untuk tidak dijalankan. Dengan semangat meringankan penderitaan para korban bencana, seberat apapun rintangan menghadang, misi kemanusiaan ini akan terus dijalankan


Kita Perlu Sepaham, Sepakat, Sejalan

Kita Perlu Sepaham, Sepakat, Sejalan

19 November 2019

Mungkinkah umat manusia bisa sepaham, sepakat, dan sejalan? Bukan soal mungkin atau tidak, tapi saat ini hal tersebut sangat diperlukan.


Bertumbuh Dalam Rangkulan Cinta Kasih

Bertumbuh Dalam Rangkulan Cinta Kasih

28 Oktober 2019

Bermula dari program bedah rumah, pertemuan dengan Tzu Chi mengubah jalan hidup Wulan Permatasari. Jika sebelumnya masa depannya seolah berselimut awan, kini selalu ada asa dalam setiap langkahnya.


Terus Menyemangati Tjek Min

Terus Menyemangati Tjek Min

12 September 2019

Keinginan Tjek Min untuk sembuh begitu kuat. Beberapa gerakan anggota tubuhnya seolah menggambarkan semangat untuk segera pulih dari stroke yang dideritanya. Semangat ini dijawab oleh relawan Tzu Chi dengan memberikan dukungan serta pendampingan bagi ayah dua putri tersebut.

Membangun Fondasi Karakter Sejak Dini

Membangun Fondasi Karakter Sejak Dini

01 Agustus 2019

Mendidik bukan sekadar menjadikan anak cakap secara akademis, namun juga berkarakter mulia. Dan pendidikan budaya humanis dijadikan Sekolah Tzu Chi Indonesia sebagai upaya untuk menyelaraskan keduanya.

Beriman hendaknya disertai kebijaksanaan, jangan hanya mengikuti apa yang dilakukan orang lain hingga membutakan mata hati.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -