Berita

Bantuan untuk Korban Banjir dan Tanah Longsor di Painan, Pesisir Selatan

15 Maret 2024
Tzu Chi Padang bergegas menyalurkan bantuan bagi warga yang tertimpa bencana banjir di wilayah Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat.

Tonggak itu Telah Berdiri

Tonggak itu Telah Berdiri

11 November 2009
Dalam sambutannya, Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Sugianto Kusuma mengatakan, gedung sekolah yang akan dibangun selain berfungsi sebagai sekolah, juga akan berfungsi sebagai shelter (tempat perlindungan) bagi masyarakat sekitar Belitang Raya, Padang Utara jika terjadi gempa atau bahkan tsunami.
Tetap Menjadi yang Terbaik

Tetap Menjadi yang Terbaik

10 November 2009
Di tengah suara pukulan palu yang terdengar tak henti, orang yang berlalu lalang, dan ruangan tenda yang tak bersekat, Dodi Prananda tetap berusaha untuk menyimak pelajaran yang sedang disampaikan oleh ibu gurunya.
Memberi yang Terbaik

Memberi yang Terbaik

09 November 2009
Minggu, 8 November 2009, 9 relawan Tzu Chi mengadakan pertemuan untuk membahas persiapan acara peletakan batu pertama  gedung sekolah di Padang. 
Padang:

Padang: "Anak Adalah Segala-galanya"

22 Oktober 2009
Seperti warga Kota Padang lainnya, Edi juga menjadi korban gempa. Rumahnya ambruk dan ketiga anaknya sempat terkurung di reruntuhan. Tapi Edi tak larut dalam kesedihan. Bersama relawan Tzu Chi lainnya, ia turut bersumbangsih membantu sesama.
Pariaman, Sumbar:

Pariaman, Sumbar: "Tak Peduli Capek dan Rumah Masih Berantakan"

14 Oktober 2009 Hari itu Betty ikut dalam pembagian sembako di Ulak Kareng Selatan, Padang Utara. Ada 292 paket bantuan yang dibagikan. Masing-masing paket terdiri dari beras, 6 botol air minum, dan 2 bungkus biskuit.
Sentuhan Pertama untuk Malalak Barat

Sentuhan Pertama untuk Malalak Barat

14 Oktober 2009
Akhirnya tim medis yang bertugas di desa Hulu Banda ini memutuskan untuk menginap dan besok paginya segera dilanjutkan kembali pengobatannya. Sisa pasien yang masih menunggu antrian dipersilahkan pulang dulu, keesokan harinya dilanjutkan kembali.
Menjangkau Hati di Daerah Terpencil

Menjangkau Hati di Daerah Terpencil

14 Oktober 2009
Daerah Malalak Barat sangat sulit dijangkau. Tak heran jika warga desa di wilayah ini sepi dari bantuan pemerintah maupun relawan. Dengan banyaknya jalan yang terputus, akses menuju desa ini lebih banyak mengandalkan jalan kaki maupun sepeda motor.
Padang: Bangga dan Haru Tim Medis

Padang: Bangga dan Haru Tim Medis

13 Oktober 2009
Salah satu ujung tombak dalam penanggulangan bencana adalah tim medis yang tanggap untuk mengobati para korban yang terluka. Bagi tim medis, pengalaman ini memberi kesan yang tak ternilai dan kenangan yang akan selalu membekas.
Pariaman, Sum-Bar: “Demi Saudara Kita”

Pariaman, Sum-Bar: “Demi Saudara Kita”

12 Oktober 2009
Warga Sungai Langkok gembira menerima kupon sembako dari Tzu Chi. Selama ini mereka telah menerima bantuan tapi tidak merata karena diberikan secara swadaya oleh masyarakat ataupun warga yang merantau.
Pariaman, Sum-Bar : Baksos di Daerah Terpencil

Pariaman, Sum-Bar : Baksos di Daerah Terpencil

12 Oktober 2009
Sabtu, 10 Oktober 2009, tim medis yang beranggotakan 2 dokter, 2 perawat, 4 relawan, dan 2 anggota Kostrad melakukan baksos kesehatan keliling ke wilayah pegunungan di Kecamatan Batang Gasan, Kabupaten Pariaman yang cukup terpencil dam jarang terjangkau bantuan.
Pariaman, Sum-Bar: Pondok untuk Nenek

Pariaman, Sum-Bar: Pondok untuk Nenek

11 Oktober 2009 Meski gempa sudah lebih dari 7 hari berlalu, namun sisa-sisa kekuatannya masih sangat terasa. Di sepanjang dusun yang kami lalui, hampir semua rumah mengalami kerusakan, dan bahkan banyak di antaranya yang roboh. Hampir di setiap rumah, berdiri tenda yang menjadi tempat berteduh warga, sekaligus tempat mereka tidur.
Kepercayaan untuk Tzu Chi

Kepercayaan untuk Tzu Chi

11 Oktober 2009 Keseriusan dan keberadaan Tzu Chi dalam setiap bencana membuat Tzu Chi mendapatkan kepercayaan dari pihak luar. Yosafat sendiri menilai Tzu Chi sebagai organisasi yang sangat positif, "Jika Masyarakat tahu visi dan misi Tzu Chi pasti tidak ada hambatan di lapangan."
Pariaman, Sum-Bar: Tangis Kebahagiaan

Pariaman, Sum-Bar: Tangis Kebahagiaan

11 Oktober 2009 Setelah melakukan survei sehari sebelumnya, Jumat, 9 Oktober 2009, relawan Tzu Chi memberikan bantuan kepada 210 warga di 2 dusun di Pariaman, yakni: Dusun Bari dan Padang Limau, Kecamatan Tujuh Koto, Pariaman, Sumatera Barat.
Pariaman, Sum-Bar: Menjaga Kesehatan Korban

Pariaman, Sum-Bar: Menjaga Kesehatan Korban

09 Oktober 2009 “Dengan baju basah, kami berlari menuju kuburan sana,” ucap Mursidah, sambil menunjuk ke arah sebuah lahan pekuburan yang memiliki dataran lebih tinggi dari tempat Mursidah berpijak. Mursidah mengaku sangat ketakutan, “Amak pikir hari itu kiamat sudah datang.”
Pariaman, Sum-Bar: Menyusuri Jejak Gempa

Pariaman, Sum-Bar: Menyusuri Jejak Gempa

09 Oktober 2009 Kamis, 8 Oktober 2009 ini, bantuan tanggap darurat Tzu Chi untuk korban gempa Sumatera meliputi 3 kegiatan utama, yaitu survei terhadap wilayah calon penerima bantuan, baksos kesehatan keliling, dan pendampingan korban gempa di RS TNI Padang.
Orang yang selalu bersumbangsih akan senantiasa diliputi sukacita. Orang yang selalu bersyukur akan senantiasa dilimpahi berkah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -