Berita

Sukacita Bersama dalam Menyelami Dharma

04 Maret 2024
Minggu, 25 Februari 2024, pukul 6.30 pagi, relawan Tzu Chi Komunitas He Qi Barat 1 telah berkumpul di Ruangan Budaya Humanis, Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng untuk mengikuti Xun Fa Xiang.

Sukacita dalam Keluarga Tzu Chi

Sukacita dalam Keluarga Tzu Chi

23 November 2011 Para relawan Tzu Chi mulai berdatangan dari daerah Citra Garden, Daan Mogot, Kalideres, dan sekitarnya ke lokasi gathering. Saya (Christine Desyliana Shijie -red) yang bertugas sebagai MC memulai gathering ini tepat pada pukul 16.00 WIB.
Jing Si Talk: Mengapa Ikut Tzu Chi?

Jing Si Talk: Mengapa Ikut Tzu Chi?

22 November 2011
Setelah penjelasan diberikan kemudian Hendry bertanya mengapa kita (para peserta dan relawan) memilih Tzu Chi sebagai tempat atau wadah untuk berbuat kebaikan? Hendry memberikan beberapa alasan mengapa orang memilih Tzu Chi.
Menjernihkan Batin

Menjernihkan Batin

21 November 2011 Selain bersumbangsih, insan Tzu Chi juga harus senantiasa menjernihkan hati sendiri apalagi setelah sibuk melakukan kegiatan sehari-hari dan ditambah lagi bersumbangsih di saat ada waktu luang, tentunya banyak kejadian yang dapat memengaruhi kondisi hati dan batin kita.
Mengendalikan Hawa Nafsu

Mengendalikan Hawa Nafsu

16 November 2011 Hari itu, Rabu 9 November 2011, tepatnya pukul 18.30 WIB terlihat beberapa relawan yang mulai berdatangan mengikuti kegiatan Bedah Buku “ 20 Kesulitan Kehidupan “ di Kantor He Qi Barat bersama Kumuda Yap Shixiong .
Melatih Raga dan Mengasah Kebijaksanaan

Melatih Raga dan Mengasah Kebijaksanaan

14 November 2011 Jika kita hanya mempraktikkan bentuk, tetapi tidak mengembangkan tenaga berarti kita hanya mengembangkan unsur Yang dengan mengabaikan Yin. Ketenangan, akal, dan ketrampilan diwakili oleh Yin dan gerakan, tubuh,  penerapan diwakili oleh Yang.
Mengajak Orang Banyak untuk Berbuat Baik

Mengajak Orang Banyak untuk Berbuat Baik

11 November 2011 Suparman juga menambahkan kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat umum untuk bisa ikut terjun di kegiatan Tzu Chi dan mengetahui lebih jelas mengenai “5R” (Reduce, Reuse, Recycle, Repair, Re-Think), sehingga mereka bisa lebih hemat dan lebih sadar lingkungan.
Membangkitkan Hati Buddha

Membangkitkan Hati Buddha

31 Oktober 2011 Buddha mengajarkan kita untuk memancarkan metta (kasih sayang dan cinta kasih) kepada semua makhluk tanpa kecuali. Terhadap manusia, janganlah membedakan suku, bangsa, ras, dan agama. Terhadap hewan, janganlah membedakan jenisnya.
“Yuk, Bersih-bersih”

“Yuk, Bersih-bersih”

26 Oktober 2011 Semoga dengan kerja bakti ini, para relawan, dokter, perawat dan seluruh staf RSKB Cinta Kasih Tzu Chi dapat selalu He Xin (Bersatu Hati), He Qi (Ramah Tamah), Hu Ai (Saling Menyayangi), dan Xie Li (Gotong Royong) dalam melayani pasien sehingga pasien dapat merasakan rasa cinta kasih dan rasa kekeluargaan dalam rumah sakit yang kita cintai ini.
Suatu Jalan untuk Ditempuh

Suatu Jalan untuk Ditempuh

25 Oktober 2011 Dalam bentuk perumpamaan, Buddha bagaikan dokter mendiagnosa penyakit dan tahu pasti jenis penyakit. Dharma bagaikan obat penawar sakit yang diberikan seorang dokter ahli untuk membebaskan diri dari penyakit.
Saatnya Menjadi Bodhisatwa Dunia

Saatnya Menjadi Bodhisatwa Dunia

24 Oktober 2011 Dalam kegiatan ini, para relawan yang akan dilantik diberikan materi dan pemahaman lebih mendalam mengenai visi dan misi Tzu Chi dengan tujuan agar para relawan lebih berani untuk memikul tanggung jawab yang lebih besar lagi dan dapat dengan tulus membantu sesama dan dunia.
Jing Si Talk: Jing Si Experience

Jing Si Talk: Jing Si Experience

18 Oktober 2011 Rasa berani untuk berkata maaf kepada mama dan mengalahkan gengsi di dalam diri itu berawal ketika saya bersama 47 orang relawan dan peserta Jing Si Talk lainnya mendengarkan materi yang bertemakan “Jing Si Experience”.
Berkunjung ke Sekolah Cinta Kasih

Berkunjung ke Sekolah Cinta Kasih

18 Oktober 2011 Para guru dari Sekolah Tzu Chi Indonesia yang datang mendapat sambutan dan pemaparan tentang pendidikan budaya humanis oleh Chenie Shijie dan Bao Bing Shijie. Tidak hanya itu saja, para guru dari Sekolah Cinta Kasih Cengkareng pun menampilkan bahasa isyarat tangan yang merupakan salah satu bagian dari misi budaya humanis Tzu Chi.
Bersatu Hati Membina Diri

Bersatu Hati Membina Diri

13 Oktober 2011 Tentu saja, mereka boleh memilih kegiatan lainnya seperti bersantai di rumah, berpergian ke suatu tempat ataupun melakukan kegiatan lainnya untuk melepaskan kelelahan setelah 5 hari bekerja. Tetapi karena niat bersumbangsih yang selalu ada di hati, maka mereka bersatu hati untuk hadir di briefing mentor untuk menjadi mentor bagi relawan abu putih di pelatihan ke-3 yang diadakan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.
“Sudah Siapkah Anda?”

“Sudah Siapkah Anda?”

03 Oktober 2011
Kemudian Kumuda Shixiong menjelaskan dengan bijaksana bahwa ada beberapa penyebab yang membuat manusia itu takut akan kematian, yaitu karena takut berpisah dengan semua yang ada; takut dengan kehampaan, dan karena tidak tahu akan kemana setelah mati.
Masa lalu, Masa Sekarang, dan Masa Depan

Masa lalu, Masa Sekarang, dan Masa Depan

13 September 2011
Setelah selesai memberikan bingkisan dan angpau kepada para opa dan oma, relawan pun pamit untuk melanjutkan kunjungan ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 3, yang merupakan panti untuk anak-anak jalanan.
Dengan keyakinan, keuletan, dan keberanian, tidak ada yang tidak berhasil dilakukan di dunia ini.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -